Menavigasi Kompleksitas Hukum: Penjelasan tentang Lane Filtering di Wisconsin

Filter jalur adalah praktik di mana sepeda motor bergerak di dalam jalur lalu lintas untuk meningkatkan dan menghemat waktu saat bepergian. Contoh dari ini adalah selama jam sibuk lalu lintas bergerak maju ke depan jalur mobil tunggal alih-alih menunggu dalam antrean. Filter jalur adalah topik yang kontroversial karena banyak negara bagian telah mengambil sikap keras terhadapnya sementara yang lain menerima ide baru ini seiring dengan semakin padatnya jalan raya.

Bagi pengemudi Wisconsin, undang-undang saat ini melarang pemisahan jalur. Ini berarti bahwa bagi individu yang mengoperasikan sepeda motor adalah ilegal berdasarkan Statuta Wisconsin 346.08(1) untuk bergerak di antara jalur lalu lintas untuk melewati lalu lintas yang berhenti atau bergerak selain antrean tunggal.

Namun, di negara bagian lain seperti California dan Utah, undang-undang telah disahkan yang pada dasarnya membuat apakah filter jalur legal di wisconsin. Di Utah khususnya, undang-undang memberikan perbedaan yang jelas antara filter jalur dan pemisahan jalur. Undang-undang yang spesifik untuk filter jalur mengharuskan pengemudi sepeda motor untuk berhati-hati dan memperhatikan keselamatan pengemudi lain serta keselamatan dirinya sendiri.

Apakah filter jalur seharusnya legal atau tidak tergantung pada individu. Beberapa percaya bahwa itu harus diizinkan karena akan mengurangi waktu yang dihabiskan sepeda motor di jalan dan terpapar risiko. Waktu lebih lama di jalan karena konstruksi jalur yang hanya ditempati di area lalu lintas yang padat menempatkan pengendara sepeda motor dalam posisi yang tidak menguntungkan karena mereka mungkin lebih rentan untuk ditabrak oleh mobil yang berpindah jalur atau berhenti mendadak dalam keadaan darurat.

Namun, yang lain melihat ketidakpastian di seluruh sistem jalan raya dengan filter jalur dan menentang konsep ini karena alasan ini. Misalnya, pengemudi mungkin tidak yakin dan bingung tentang legalitas di area tertentu dan dapat menyebabkan kecelakaan dalam upaya untuk mencegah kecelakaan dengan pengendara sepeda motor. Bayangkan pengendara sepeda motor melaju ke arah celah dalam kemacetan sementara pengemudi kendaraan lain dengan marah mencoba memblokir mereka dan secara efektif menciptakan bahaya bagi pengendara sepeda motor karena tindakan mereka yang lain.

Selain pengendara sepeda motor yang menghadapi risiko terluka akibat perilaku pengemudi lain adalah perilaku itu sendiri. Apa yang terjadi ketika dua pengendara sepeda motor bertemu di area yang sama dan secara efektif memiliki ide yang sama untuk melintasi jalur lalu lintas? Ini bisa menyebabkan beberapa situasi berbahaya yang menyebabkan cedera juga jika individu tidak berhati-hati.

Selain itu, konsep filter jalur juga berarti bahwa pengendara sepeda motor harus memperhatikan kendaraan di sekelilingnya dari segala arah. Ketika dalam lalu lintas yang padat, pengendara sepeda motor tidak hanya harus fokus pada kendaraan yang tepat di depan tetapi juga di belakang dan di kedua sisi. Dalam jangka panjang, ini dapat memberikan tekanan tambahan pada individu yang mengoperasikan sepeda motor dan membuat perjalanan menjadi lebih stres.

Secara statistik, diperkirakan 1.600 kematian lalu lintas terjadi di seluruh Amerika Serikat akibat pemisahan jalur yang dapat mengurangi minat individu untuk terlibat dalam perilaku tersebut. Namun, beberapa di bidang statistik telah menunjukkan bahwa angka-angka ini mungkin tidak sepenuhnya akurat. Karena mereka yang mengalami cedera sering tidak melaporkan penyebab cedera kepada pihak berwenang, mungkin beberapa tidak tercatat dengan benar sebagai penyebab cedera mereka.

Misalnya, Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional atau NHTS telah memperkirakan rata-rata 5.000 kematian sepeda motor terjadi di seluruh negeri setiap tahun. Dari kematian ini, sekitar 60 persen disebabkan oleh tabrakan dengan kendaraan lain. Namun, sekitar 63 persen dari semua tabrakan sepeda motor terjadi tanpa melibatkan kendaraan lain.

Apa artinya ini untuk filter jalur di Wisconsin; yah pada akhirnya bisa berarti tidak ada apa-apa karena tergantung pada individu untuk memilih apakah akan terlibat dalam aktivitas tersebut. Namun, ini juga bisa berarti bahwa seiring semakin banyak pengemudi yang akrab dengan konsep ini, lebih banyak yang memilih untuk melakukannya dan membantu mengurangi kemacetan lalu lintas di negara bagian. Ini adalah praktik yang berbahaya tetapi pada akhirnya terserah pengemudi untuk menentukan seberapa berbahaya.

Untuk jangka panjang Wisconsin, seseorang harus bertanya-tanya apakah mereka akan pernah mengadopsi pendekatan yang lebih lunak terhadap konsep filter jalur. Kemacetan lalu lintas diperkirakan hanya akan meningkat seiring dengan pertumbuhan kemacetan di daerah metropolitan, menjadikan kemacetan sebagai rutinitas biasa. Ini berarti filter jalur mungkin menjadi konsep nyata untuk masa depan bagi Wisconsin dan negara bagian lain yang melihat peningkatan populasi mereka.

Untuk informasi lebih lanjut tentang keselamatan sepeda motor dan regulasi, Anda dapat mengunjungi Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional.